Kamis, 18 Juni 2009

The Most Powerful Marketing Ever

Marketing adalah sebuah kata yang sangat-sangat dinamis. Hampir setiap perusahaan saat ini baik perusahaan dagang, industri maupun jasa mengidolakan kata ini, Marketing tidak pernah mati bagi industri apapun, karena tanpa marketing sebuah organisasi / perusahaan tidak akan mencapai pertumbuhan, bahkan dapat mengalami kemunduran.

Berbagai cara dilakukan untuk melakukan kegiatan marketing, biaya yang dikeluarkan pun kadang tidak sedikit, hasil yang dicapai kadang luar biasa, kadang biasa-biasa, kadang tidak biasa, kadang tidak ada hasil. Marketing memang sebuah seni yang luar biasa, harus dilakoni dengan hati.

Namun diluar itu semua, untuk perusahaan jasa, sebenarnya ada cara yang sangat luar biasa untuk marketing, yaitu dengan me 'maintain' customer yang sudah ada. Customer yang ada sekarang ini tentu diraih karena program marketing yang sebelumnya sudah dilakukan.
Maka cara me 'maintain' Customer ini adalah dengan memenuhi segala 'janji-janji' yang pernah disampaikan saat marketing dulu. Jangan kecewakan existing customer ini dengan janji yang diingkari. Jika dulu katakan mereka akan mendapatkan A,B dan C, maka berikanlah A, B dan C itu kepada mereka, bila perlu ada D atau E.

Namun kadangkala pula oknum-oknum perusahaan jasa suka seenaknya saja memperlakukan customer, karena merasa customer membutuhkan jasa 'saya' maka 'saya' boleh sedikit jual mahal, boleh sedikit dicari-cari, dikejar-kejar karena mereka butuh jasa saya, bila perlu mereka harus 'menyembah' dulu kepada 'saya' sebelum 'saya' berikan jasa 'saya' kepada mereka.

Sungguh naif bukan ? Tapi masih ada loh orang yang seperti ini, angkuh, sombong, sok, berprilaku priyayi ..... dan perilaku kontra produktif lainnya.

Padahal kalau kita sadar, dengan memenuhi segala 'janji' dan tingkat pelayanan yang kita berikan sangat memuaskan, maka kita tidak perlu melakukan marketing dengan susah-susah, karena existing customer ini nanti akan menjadi marketing forces kita, dan ini akan menjadi sangat powerful, karena existing customer akan lebih dipercaya jika bercerita kepada teman-teman mereka, dari pada kita sendiri. Dengan demikian kita akan mendapat customer baru dengan mudahnya.

Tapi ingat !!!
cerita dari existing customer ini bisa baik bisa juga tidak baik, tergantung kepada apa dan bagaimana yang mereka dapatkan dan alami dalam kebersamaan dengan kita.

So .......................... how you treat your customer.


Pendapat diatas sebagai respon dari pendapat Brad Huisken pada

The Most Powerful Marketing Ever!

May 1, 2009

Your customer can be one of the finest marketing tools that you and your company could possibly possess. There is no advertising or marketing that can be or is more effective than good old word of mouth advertising. When a customer recommends you and/or your store to a friend of theirs the selling process becomes much easier.



Lengkapnya ada di http://www.expertbusinesssource.com/blog/1270000327/post/590044059.htmlhttp://www.expertbusinesssource.com/blog/1270000327/post/590044059.html

Semoga mencerahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar